Muhammad Sahid (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (24kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Dari studi pendahuluan yang peneliti lakukan dijumpai gejala-gejala yaitu: Hanya 7 orang siswa atau 36% dari seluruh siswa yang berjumlah 19 orang mencapai nilai ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan di sekolah yaitu 70. Hal ni berdasarkan tes awal yang peneliti lakukan studi pendahuluan. Ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya sebagian besar siswa diam dan tidak mau bertanya. Hal ini berdasarkan tes awal yang peneliti lakukan studi pendahuluan. Tidak adanya kemauan siswa untuk bertanya dalam proses pembelajaran ketika guru memberi kesempatan untuk bertanya tentang pelajaran yang telah di jelaskan Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang positif terhadap hasil belajar siswa, sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata 52,7 berada pada interval 50-59 dengan kategori kurang. pada siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh rata-rata 69,3 berada pada interval 60-69 dengan kategori cukup baik. Terjadi peningkatan yaitu pada siklus II dengan rata-rata 76,3 berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran sosiodrama dapat meningkatkan hasil siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 May 2016 09:45 |
Last Modified: | 03 May 2016 09:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4160 |
Actions (login required)
View Item |