Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KINERJA GURU MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 009 PADANG KUNIK PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Yesi Pasrawati (2014) PENGARUH KINERJA GURU MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 009 PADANG KUNIK PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang efektif akan memberikan rangsangan terhadap siswa sehingga dapat menumbukan motivasi dalam belajar. Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan adanya gejala-gejala yang menunjukkan bahwa masih adanya siswa yang keluar masuk, bermain-main dan berbicara dengan teman sebangku ketika pembelajaran berlangsung dan beberapa siswa tidak memperhatikan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja guru matematika terhadap motivasi belajar siswa di SDN 009 Padang Kunik Pangean. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh kinerja guru matematika terhadap motivasi belajar siswa di SDN 009 Padang Kunik Pangean?” Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 1 sampai kelas 6 SDN 009 Padang Kunik Pangean yang berjumlah 108 orang. Sampel yang diambil adalah siswa kelas 4, 5, dan 6 yang berjumlah 54 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pertimbangan peneliti mengambil sampel siswa kelas 4, 5, dan 6 di SDN 009 Padang Kunik Pangean dikarenakan siswa kelas tersebut termasuk kelas tinggi, dan wawasannya lebih luas dibandingkan dengan kelas rendah dan lebih mampu menilai kinerja. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa kinerja guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Adapun besar pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar adalah sebesar 29.5% dan sisanya sebesar 70.5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 30 Apr 2016 08:35
Last Modified: 30 Apr 2016 08:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4002

Actions (login required)

View Item View Item