Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI MANAJEMEN RADIO CBS 101 FM DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR

M. Afdal (2014) STRATEGI MANAJEMEN RADIO CBS 101 FM DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Radio CBS 101 FM adalah stasiun penyiaran radio swasta yang berada di Pekanbaru. Radio CBS berdiri pada tanggal 5 juli 1973 dengan nama “Cynthia Rhama” yang bergelombang AM, kemudian berkembang dan berubah berfrekwunsi menjadi FM sekaligus merubah nama menjadi CBS pada bulan mei 1997. Nama CBS ini tidak merupakan suatu kepanjangan, tetapi diambil untuk mempermudah mengingat saja bagi pendengarnya. Radio CBS memiliki segmen pendengar anak muda atau remaja. Radio CBS dikelola dengan system manajemen swasta, tentunya juga memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai untuk menunjukkan eksistensinya di tengah persaingan dengan stasiun penyiaran lokal lainnya. Untuk mewujudkan itu semua radio CBS 101 FM juga memiliki cara dan strategi tertentu. Strategi manajemen radio CBS 101 FM dalam menarik minat pendengar adalah suatu penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen yang dilakukan radio CBS dalam program-program siarannya dan meraih audiens sebanyak-banyaknya. Strategi yang dimaksud disini yaitu perencanaan atau penyusunan rencana kerja dan menajenem yang ada dalam kegiatan penyiarannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif- kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diketahui ada beberapa strategi yang dilakukan radio CBS diantaranya adalah, menyusun program yang uptudate dengan perkembangan zaman khususnya di dunia anak muda.selain itu ada beberapa komponen manajemen yaitu adanya susunan tujuan rencana kerja, penetapan tujuan program siaran, persiapan rencana tindakan yang meliputi penjadwalan kegiatan dan penyendiaan anggaran, pengawasan, evaluasi dan revisi program dan rencana kerja, serta adanya tanggapan (feedback) dari audiens sebagai gambaran yang menunjukkan minat pendengar. Dengan tetap menjaga dan meningkatkan kualitas penyiaran, radio CBS 101 FM diharapkan dapat terus menjadi stasiun penyiaran lokal sebagai pusat informasi, mitra bagi pengusaha untuk mempromosikan barang dan jasa. Serta menjadi media yang mendidik, menyajikan hiburan yang sehat, serta menjadi ajang expresi bagi anak muda pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 20 Apr 2016 05:42
Last Modified: 20 Apr 2016 05:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3432

Actions (login required)

View Item View Item