Jeprizal (2017) Pengaruh Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Keteladanan Guru Terhadap Karakter Siswa MTs Di Kecamatan Tampan Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 2017257PAI-S2COVER.pdf Download (262kB) |
|
Text
2. 2017257PAI-S2PENGESAHAN.pdf Download (291kB) |
|
Text
3. 2017257PAI-S2ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
|
Text
4. 2017257PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (291kB) |
|
Text
5. 2017257PAI-S2DAFTAR ISI.pdf Download (261kB) |
|
Text
6. 2017257PAI-S2BAB I.pdf Download (385kB) |
|
Text
7. 2017257PAI-S2BAB II.pdf Download (574kB) |
|
Text
8. 2017257PAI-S2BAB III.pdf Download (384kB) |
|
Text
9. 2017257PAI-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) |
|
Text
10. 2017257PAI-S2BAB V.pdf Download (260kB) |
|
Text
11. 2017257PAI-S2DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (266kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan siswa yang memiliki karakter yang kurang baik. Padahal keluarga sudah memberikan pendidikan Islam yang baik dan guru juga telah menunjukkan keteladanan yang baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Pendidikan Islam dalam keluarga dan keteladanan guru terhadap karakter siswa MTs SeKecamatan Tampan Pekanbaru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, apakah ada pengaruh pendidikan Islam dalam keluarga terhadap karakter siswa; kedua, apakah ada pengaruh keteladanan guru terhadap karakter siswa; dan ketiga, apakah ada pengaruh pendidikan Islam dalam keluarga dan keteladanan guru secara bersama-sama terhadap karakter siswa MTs di Kecamatan Tampan Pekanbaru Jenis penelitian ini adalah fiel research yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket,observasi, wawncara, dan dokumentasi. Populasi sebanyak 1904 siswa dengan menarik sampel 10,5% yang berjumlah 200 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik random sampling, yaitu penentuan sampel secara acak. Teknik analisa data yang digunakan teknik korelasi product moment dan regresi linear berganda dengan bantuan program Statistic Package for Social Science (SPSS ) for Windows Release 22.0. Hasil penelitian adalah pertama, terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan Islam dalam keluarga terhadap karakter siswa MTs Se-Kecamatan Tampan Pekanbaru. Hal ini dibuktikan nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. Hal ini berarti pendidikan Islam dalam keluarga merupakan variabel yang dapat membentuk karakter siswa Se-Kecamatan Tampan Pekanbaru, kedua, terdapat pengaruh yang signifikan keteladanan guru terhadap karakter siswa MTs SeKecamatan Tampan Pekanbaru. Hal ini dibuktikan nilai Sig. 2-tailed 0.000 < 0.05. Hal ini menunjukkan keteladanan guru merupakan variabel terpenting dalam membentuk karakter siswa yang positif; dan ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan Islam dalam keluarga dan keteladanan guru secara bersamasama terhadap karakter siswa MTs Se-Kecamatan Tampan Pekanbaru. Besar nilai F adalah 40.412 sedangkan besar signifikan ANOVA 0,000 < 0,05. Persamaan garis regresinya Y = -8.476 + 0,828 (X1 ) + 0,306 (X2 ). Nilai konstanta sebanyak - 8.476; artinya jika Pendidikan Islam dalam Keluarga (X1 ) dan keteladanan guru ( X2 ) nilainya adalah 0, maka karakter siswa ( Y ) nilainya adalah -8.476. Jika variabel independen Pendidikan Islam dalam keluarga dan keteladanan guru mengalami kenaikan 1%, maka karakter siswa juga mengalami peningkatan. Besar pengaruh variabel independen (Pendidikan Islam dalam keluarga dan keteladanan Guru)terhadap variabel dependen (Karakter Siswa ) sebesar 29,1%, sedangkan sisanya sebanyak 70,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 07:32 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 07:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28038 |
Actions (login required)
View Item |