Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN BATARA SYARIAH DENGAN AKAD WADI’AH YAD DHAMANAHDI PT. BANK TABUNGAN NEGARA SYARIAH KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU

Ratna Dewi (2016) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN BATARA SYARIAH DENGAN AKAD WADI’AH YAD DHAMANAHDI PT. BANK TABUNGAN NEGARA SYARIAH KANTOR CABANG SYARIAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul :”Strategi Pemasaran Produk Tabungan Batara Syariah dengan akad Wadi’ah Yad Dhamanah di PT. Bank Tabungan Negara Syariah Kantor Cabang Syariah Pekanbaru”. Dalam suatu perbankan khususnya perbankan syariah yang kegiatannya adalah menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan lagi ke masyarakat dalam bentuk pembiayaan, strategi pemasaran menjadi hal yang sangat penting dilakukan, karena dengan strategi pemasaran yang tepat adalah kunci sukses bagi perkembangan suatu perbankan untuk kedepannya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan marketing funding dalam memasarkan produk tabungan Batara Syariah. Keberhasilan ini dapat diukur dengan perolehan nasabah yang selalu meningkat setiap tahun. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Tabungan Negara Syariah Kantor Cabang Syariah Pekanbaru yang beralamatkan di JL. Tuanku Tambusai Blok A No. 10-11 Labuh Baru Payung Sekaki Pekanbaru. Pokok permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk Tabungan Batara Syariah dengan akad wadi’ah yad dhamanah di PT. Bank Tabungan Negara Syariah kantor cabang syariah Pekanbaru, apa saja kendala-kendala yang dihadapi saat memasarkan produk tabungan Batara Syariah dengan akad wadi’ah yad dhamanah, dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam mengenai strategi pemasaran produk tabungan Batara Syariah dengan akad wadi’ah yad dhamanah di PT. Bank Tabungan Negara Syariah kantor cabang syariah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan Batara Syariah dengan akad wadi’ah yad dhamanah di PT. Bank Tabungan Negara Syariah kantor cabang syariah Pekanbaru, mengetahui apa saja kendala-kendala yang dihadapi saat memasarkan produk tabungan Batara Syariah dengan akad wadi’ah yad dhamanah di PT. Bank Tabungan Negara Syariah kantor cabang syariah Pekanbaru, dan juga untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi Islam mengenai strategi pemasaran produk tabungan Batara Syariah dengan akad wadiah yad dhamanah di PT. Bank Tabungan Negara Syariah kantor cabang syariah Pekanbaru. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan teknik penulisan data yaitu secara induktif, deduktif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Pimpinan dan karyawan PT. Bank Tabungan Negara Syariah kantor cabang syariah Pekanbaru yang berjumlah 22 orang, adapun teknik pengambilan sampel dengan cara Total Sampling, yaitu keseluruhan dari populasi untuk dijadikan sampel. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa strategi pemasaran produk tabungan Batara Syariah yang dilakukan oleh PT. Bank Tabungan Negara Syariah kantor cabang syariah Pekanbaru yaitu terdiri dari : Segmentasi pasar dan Bauran pemasaran yang meliputi : Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), dan Promosi (Promotion). Kendala yang dihadapi terdiri dari : Faktor Luar yaitu : kurangnya pemahaman masyarakat tentang keberadaan produk-produk perbankan syariah, adanya persaingan yang ketat dengan lembaga keuangan syariah yang juga menawarkan produk-produk syariah dan Faktor Dalam yaitu : sistem teknologi yang digunakan masih kalah dengan bank konvensional, media promosi yang masih terbatas, dan sumber daya manusia yang masih terbatas , sedangkan tinjauan ekonomi Islam mengenai strategi pemasaran produk tabungan Batara Syariah ini telah sesuai dengan prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Feb 2016 07:45
Last Modified: 26 Feb 2016 07:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2763

Actions (login required)

View Item View Item