Khambarialdy (2017) Pengaruh Metode Sosiodrama dan Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Siswa dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di 3 MTsN Kota Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 2017180PAI-S2COVER.pdf Download (280kB) |
|
Text
2. 2017180PAI-S2PENGESAHAN.pdf Download (297kB) |
|
Text
3. 2017180PAI-S2ABSTRAK.pdf Download (448kB) |
|
Text
4. 2017180PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (270kB) |
|
Text
5. 2017180PAI-S2DAFTAR ISI.pdf Download (263kB) |
|
Text
6. 2017180PAI-S2BAB I.pdf Download (387kB) |
|
Text
7. 2017180PAI-S2BAB II.pdf Download (488kB) |
|
Text
8. 2017180PAI-S2BAB III.pdf Download (334kB) |
|
Text
9. 2017180PAI-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) |
|
Text
10. 2017180PAI-S2BAB V.pdf Download (306kB) |
|
Text
11. 2017180PAI-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan signifikan antara metode sosiodrama dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MTsN Kota Pekanbaru. Berdasarkan dari observasi terdahulu di 3 MTsN Kota Pekanbaru, di temukan bahwa kemampuan rata-rata siswa tersebut dalam hal Kecerdasan Emosional (EQ) masih belum terasah, pelaksanaan pembelajaran Metode Sosiodrama oleh guru Aqidah Akhlak di MTsN Kota Pekanbaru terdapat belum maksimal, dan juga hasil belajar Aqidah Akhlak siswa masih tergolong rendah. Desain penelitian ini adalah korelasi yang terfokus pada penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa tingkat 2 di 3 MTsN Kota Pekanbaru. Dan objeknya adalah pengaruh metode sosiodrama dan kecerdasan emosinal dengan kemampuan pembelajaran Aqidah Akhlak. Sample penelitian ini adalah 3 kelas; grup experiment 1 terdiri dari ( 30 siswa ), grup experiment 2 terdiri dari ( 30 siswa ) dan grup pembanding terdiri dari ( 29 siswa ). Totalnya 89 siswa dengan menggunakan sample klaster. Angket dan Test digunakan untuk medapatkan data dan untuk menganalisis data menggunakan uji hipotesis dengan menggunkan SPSS 20.0. hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa adanya hubungan signifikan antara metode sosiodrama dan kecerdasan emosional dengan kemampuan siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Ini terlihat dari nilai sig. (2-tailed) dari hasil uji metode sosiodrama adalah 0.010 dan nilai sig. (2-tailed) dari kecerdasan emosional adalah 0.007 dengan total sampel 89. Oleh sebab itu, null hipotesis tidak diterima dan alternatif hipotesis diterima. Jadi, Adanya hubungan signifikan antara metode sosiodrama dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di 3 MTsN Kota Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 04:22 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 04:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25988 |
Actions (login required)
View Item |