Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Prinsip Manajemen Pendidikan Islam dalam AlQur’an

Mat Rohim (2017) Prinsip Manajemen Pendidikan Islam dalam AlQur’an. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 2017148PAI-S2COVER.pdf

Download (286kB)
[img] Text
2 2017148PAI-S2PENGESAHAN.pdf

Download (296kB)
[img] Text
3 2017148PAI-S2ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
4 2017148PAI-S2KATA PENGANTAR OK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
5 2017148PAI-S2DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
6. 2017148PAI-S2BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
7. 2017148PAI-S2BAB II.pdf

Download (456kB)
[img] Text
8. 2017148PAI-S2BAB I I I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. 2017148PAI-S2BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
10. 2017148PAI-S2Bab V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
11. 2017148PAI-S2daftra Pustaka.pdf

Download (277kB)

Abstract

Manajemen pendidikan Islam adalah proses pemanfaatan semua sumber daya yang dimiliki (umat Islam, lembaga pendidikan atau lainnya ) baik perangkat keras maupun lunak. Pemanfaatan tersebut dilakukan melalui kerjasama dengan orang lain secara efektif, efisien, dan produktif untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan baik di dunia maupun di akhirat. Manajemen pendidikan Islam yang ideal adalah manajemen yang dirumuskan berdasarkan ajaran Islam yang tertuang di dalam Al-Qur’an dan Hadits. Prinsip Manajemen Pendidikan adalah asas kebenaran yang menjadi pokok dasar dalam berfikir untuk sebuah proses perencanaan, peng-organisasian, memimpin, mengendalikan tenaga pendidikan, sumber daya pendidikan guna untuk mencapai tujuan pendidikan. pembahasan ayat al-qur’an yang berkenaan dengan unsur prinsip manajemen pendidikan Islam adalah kajian QS. Yunus Ayat. 3, Q.S. Ar Ra’d ayat 2, Q.S. Yusuf Ayat 76 Q.S. Yusuf.102 Q.S. Toha ayat 60 QS. Yunus ayat 31 QS. As-Sajadah ayat 5 Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Tahlily/Analisis. Metode ini berusaha menjelaskan kandungan ayat-ayat AlQur’an dari berbagai seginya, sesuai dengan pandangan, kecendrungan dan keinginan mufasirnya yang dihidangkannya secara runtut sesuai dengan perurutan ayat-ayat dalam mushaf. Penelitian ini adalah berbentuk penelitian pustaka (Library Reseach ). Oleh karena itu data yang diperoleh dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui Al-Qur’an dan buku-buku karya intelektual ulama-ulama yang berhasil penulis kumpulkan. Pada sumber data yang bersifat sekunder dapat diperoleh melalui bahan bacaan atau buku-buku karya orang lain yang mengulas tentang prinsip manajemen pendidikan Islam, disamping juga buku lain yang ada kaitannya dengan pembahasan ini. Selain itu juga diperoleh melalui jurnal, internet dan yang sejenisnya yang isinya mendukung data primer. Hasil penelitian ini adalah mengenai Prinsip Manajemen Pendidikan Islam. Prinsip Manajemen Pendidikan Islam adalah sebuah prinsip suatu proses pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara islami yaitu dengan cara menyiasati sumber–sumber belajar dan hal-hal lain yang terkait untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Hasil penelitian ini memberikan beberapa prinsip, antara lain: Prinsip Tauhid, Prinsip Ilahiyah, Prinsip Takwa, Prinsip Iman, Prinsip Bijaksana (al-hikmah ), Prinsip Keterangan dan Kejelasan (Tabayyun ), Prinsip Rahasia, Prinsip Percaya Diri, Prinsip Sungguh-sungguh, Prinsip Tawadhu, Prinsip Jujur, Prinsip Keberanian, Prinsip Menggunakan tutur kata yang lemah lembut, Prinsip kebenaran (Al-Haq), Prinsip Ikhlas, Prinsip Amal saleh, Prinsip kasih saying.semua prinsip ini tertadap di dalam kajian QS. Yunus Ayat. 3, Q.S. Ar Ra’d ayat 2, Q.S. Yusuf Ayat 76 Q.S. Yusuf.102 Q.S. Toha ayat 60 QS. Yunus ayat 31 QS. As-Sajadah ayat 5.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:13
Last Modified: 20 Jan 2020 07:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25289

Actions (login required)

View Item View Item