Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DENGAN PERILAKU PROFESIONAL GURU SMK DI KECAMATAN TAPUNG

Syukri (2016) HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DENGAN PERILAKU PROFESIONAL GURU SMK DI KECAMATAN TAPUNG. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimanakah motivasi kerja guru SMK di Kecamatan Tapung, (2) bagaimanakah perilaku profesional guru SMK di Kecamatan Tapung, dan (3) apakah ada hubungan antara motivasi kerja dengan perilaku profesional guru SMK di Kecamatan Tapung. Sejalan dengan tujuannya, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Variable dalam penelitian ini terbagi kepada dua, yaitu variable bebas X (motivasi kerja guru SMK) dan variabel terikat Y (perilaku profesional guru SMK). Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMK di Kecamatan Tapung , baik yang berada di sekolah SMK Negeri 1 Tapung dan SMK Amal Ikhlas. Jumlah seluruh populasi dalam penelitian ini adalah 69 orang guru. Jumlah sampel dalam penelitian ini dengan kesalahan 5% menggunakan rumus Slovin yaitu 59 orang guru. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket. Jenis angket yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis angket tertutup dengan jawaban alternatif yang telah ditentukan. Instrumen penelitian sebelum digunakan, maka akan diuji terlebih dahulu yaitu dengan uji validitas dan reliabilitas. Rumus yang digunakan untuk menguji validitas instumen yaitu Product Momen dari Pearson, sedangkan untuk menguji reliabilitas instrumen yaitu dengan rumus Alpha-Cronbach. Selanjutnya data dianalisis: (1) hasil analisis statistik deskriptif mengenai motivasi kerja dan perilaku profesional guru SMK di Kecamatan Tapung yaitu dalam bentuk porsentase (%). (2) untuk menganalisis bagaimana hubungan antara motivasi kerja dengan perilaku professional guru SMK di Kecamatan Tapung dengan teknik korelasi sederhana dengan rumus korelasi Product Momen dari Pearson. Bentuk data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data interval, maka oleh kerena itu harus memenuhi uji syarat analisis yaitu: uji normalias, uji homogenitas dan uji linearitas. Hasil penelitian: (1) deskripsi motivasi kerja guru SMK di Kecamatan Tapung berdasarkan hasil olah analisis, secara umum dapat dikategorikan baik dengan nilai persentase 56,61%, (2) deskripsi perilaku profesional guru SMK di Kecamatan Tapung berdasarkan hasil olah analisis, secara umum dapat dikategorikan kurang baik yaitu dengan nilai persentase 72,64%. (3) hasil penelitian ini membuktikan hipotesis Ha yaitu adanya hubungan antara motivasi kerja dengan perilaku profesional guru SMK di Kecamatan Tapung. Nilai korelasi antara motivasi kerja dengan perilaku profesional guru SMK di Kecamatan Tapung yaitu 0,630. Saran yang berkenaan dengan hasil penelitian ini adalah (1) agar dapat memperbaiki kualitas perilaku profesional guru di Kecamatan Tapung yaitu dengan meningkatkan motivasi kerja guru, baik motivasi instrinsik maupun motivasi ekstrinsik. Hal-hal yang dapat ditingkatkan dalam diri seorang guru di Kecamatan Tapung agar dapat meningkatkan motivasi kerja yaitu meningkatkan: (a) tanggung jawab, (b) prestasi, (c) pengembangan diri, (d) kemandirian dalam bertugas, (e) kondisi kerja, (f) hubungan interpersonal, (g) gaji, (h) keamanan, (i) supervisi dan (j) kebijakan sekolah. (2) untuk meningkatkan motivasi kerja guru di Kecamatan Tapung, sangat besar peran dari kepala sekolah dalam menciptakan hubungan yang baik, gaji yang memadai, supervisi yang mendorong untuk memperbaiki kinerja dan kebijakan sekolah yang mendukung program guru.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Feb 2016 03:02
Last Modified: 16 Feb 2016 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2496

Actions (login required)

View Item View Item