Suparidah (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW (PQ4R) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 UKUI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (308kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (253kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan metode preview, question, read, reflect, recite, dan review (PQ4R) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri Ukui Pelalawan?. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di sekolah menengah atas negeri 1 ukui pelalawan. Objek penelitiannya adalah pengaruh penerapan metode preview, question, read, reflect, recite, dan review (PQ4R) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitaian ini adalah kelas XI yang berjumlah 50 orang terbagi dalam 2 lokal. Penulis tidak mengambil sampel karena populasinya kurang dari 100. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear sederhana. Hasil penelian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode preview, question, read, reflect, recite, dan review (PQ4R) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di sekolah menengah atas negeri ukui pelalawan. Hasil tersebut berdasarkan nilai r hitung sebesar 0,557 lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% sebesar 0,279 maupun 1% sebesar 0,361 atau r hitung > r tabel (0,279 < 0,557 > 0,361). Adapun besar pengaruh penerapan metode preview, question, read, reflect, recite, dan review (PQ4R) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah sebesar 31,1% sedangkan sisanya sebesar 68,9% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 11 Feb 2016 03:55 |
Last Modified: | 11 Feb 2016 03:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2456 |
Actions (login required)
View Item |