Murti Kartini (2016) PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 016 BERINGIN JAYA KECAMATAN SINGINGI HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode brainstorming di kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Beringin Jaya Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Yang dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas siswa seperti kurang berinisiatif dalam mengemukakan pendapat, kurang aktif bertanya dalam pembelajaran, dan tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Beringin Jaya Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 30 orang siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode brainstorming untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 016 Beringin Jaya Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi, yaitu hasil penelitian menunjukkan sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 45.55% dengan kategori “Kurang Aktif”. Pada siklus I pertemuan pertama rata-rata persentase 53.57% dengan kategori “ Cukup Aktif”. Pada siklus I pertemuan kedua rata-rata persentase 58.88% dengan kategori “Cukup Aktif”. Siklus II pertemuan pertama rata-rata persentase 77.22% dengan kategori “Aktif”. Siklus II pertemuan kedua rata-rata persentase 85.55% dengan kategori “Aktif”. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan metode brainstorming dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 09 Feb 2016 02:30 |
Last Modified: | 09 Feb 2016 02:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2421 |
Actions (login required)
View Item |