Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PHYSICAL SELF-ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 163 PEKANBARU

Evi Selvia (2016) PENERAPAN STRATEGI PHYSICAL SELF-ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 163 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan penerapan strategi pyhsical self-assessment di kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pyhsical self-assessment untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus 2 kali pertemuan, pengambilan data pada penelitian ini dengan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif Berdasarkan hasil penelitian, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, Siklus I, dan Siklus II. Pada sebelum dilakukan tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 51,14% atau 18 orang siswa yang tuntas, dan 17 orang siswa atau 48,57% yang belum tuntas. Pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 20 orang atau ketuntasan hanya mencapai 57,14%. pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 28 orang siswa atau dengan persentase 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pyhsical self assessment dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Kata Kunci :Strategi pembelajaran Physical Self-Assessment, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Feb 2016 07:59
Last Modified: 03 Feb 2016 07:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2382

Actions (login required)

View Item View Item