PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI PERMAINAN BOWLING KAMPUS TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MATERI TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN KIMIA

SYAKHSHI HESNI, 11317206029 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI PERMAINAN BOWLING KAMPUS TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MATERI TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN KIMIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen yang dilatar belakangi oleh keterampilan komunikasi siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai permainan bowling kampus terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Siak Hulu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, sampel diambil 2 kelas yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai permainan bowling kampus dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan metode diskusi dan tanya jawab. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model terhadap keterampilan komunikasi siswa digunakan rumus Kp. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 5,78 dan ttabel = 1,99 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai permainan bowling kampus terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Siak Hulu dengan Koefisien Pengaruh sebesar 32%. Kata Kunci: STAD, Bowling Kampus, Keterampilan Komunikasi Siswa, Tata Nama Senyawa dan Persamaan Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 17 Oct 2019 08:11
Last Modified: 17 Oct 2019 08:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21481

Actions (login required)

View Item View Item