Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH YLPI KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU

NURFADHILAH, . 11311203946 (2017) PENGARUH KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH YLPI KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu keterampilan memberi penguatan oleh guru (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel terikat/dependent atau variabel Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan memberi penguatan oleh guru, untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh keterampilan memberi penguatan oleh guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah YLPI kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu.Subjek dalam penelitian ini 87 siswa Madrasah Tsanawiyah YLPI kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Objek penelitian ini adalah keterampilan memberi penguatan oleh guru dan motivasi belajar Akidah Akhlak siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah YLPI kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik analisis data untuk rumusan masalah yang pertama dan kedua menggunakan deskriptif persentase, sedangkan untuk rumusan masalah yang ketiga menggunakan korelasi product moment.Dari analisis data dapat dilihat bahwa keterampilan memberi penguatan oleh guru pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah YLPI kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu berada pada kategori “kuat” dengan persentase 68,07% melalui rekapitulasi hasil angket dan motivasi belajar siswa berada pada kategori “kuat” dengan persentase 75,83% melalui rekapitulasi hasil angket. Sedangkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji korelasi product moment dapat diketahui bahwa ada pengaruh keterampilan memberi penguatan oleh guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah YLPI kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Dengan perolehan angka indeks yang diperoleh dari rhitung0,396 lebih besar dari rttabeluntuk sampel 87 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,217 dan pada taraf 1% sebesar 0,283. Dengan demikian berarti Ha diterima dan Ho ditolak, berarti ada pengaruh yang signifikan keterampilan memberi penguatan oleh guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah YLPI kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Kata Kunci: Pengaruh, Keterampilan Memberi Penguatan, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:14
Last Modified: 17 Oct 2019 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21443

Actions (login required)

View Item View Item