Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH DI KAMPAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS

ANISAH DALIMUNTHE, 11315203003 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH DI KAMPAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan hal terpenting untuk dikuasai siswa untuk mempermudah dalam memecahkan masalah, sebab siswa mampu untuk mengaitkan serta memecahkan permasalahan yang dihadapinya dengan berbekal konsep yang sudah dipahaminya. Salah satu upaya untuk membekali siswa dengan pemahaman konsep adalah dengan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teacing yang mengarahkan siswa agar dapat menemukan dan menyelidiki materi yang dibahas secara mandiri sehingga hasil yang diperoleh akan tahan lama dalam ingatan siswa. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan model Reciprocal Teacing terhadap pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMP Negeri 3 Rumbio Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Penulis menggunakan tes”t”, anova dua arah (two way Anova) dan anova satu arah (one way Anova). Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti model Reciprocal Teacing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Reciprocal Teaching dan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. 3) Tidak adanya interaksi model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep matematis. 4) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti model Reciprocal Teacing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, kemampuan awal sedang, kemampuan awal rendah. Dengan demikian secara umum model Reciprocal Teacing berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematis SMP Negeri 3 Rumbio Jaya. Kata kunci : Reciprocal Teaching, Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 10 Oct 2019 08:16
Last Modified: 10 Oct 2019 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21226

Actions (login required)

View Item View Item