Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 KECAMATAN MANDAU

RENY NOVIYANTI, 11311200466 (2017) PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 KECAMATAN MANDAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa keteladanan yang dimiliki oleh guru telah bagus baik dari ucapan maupun perbuatannya sehingga siswa memiliki respon positif yang dapat meningkatkan minat belajarnya. Akan tetapi, seorang guru yang mempunyai keteladanan atau kepribadian yang baik belum tentu siswanya memiliki minat belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keteladanan guru, minat belajar siswa serta ada atau tidak nya pengaruh keteladanan guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kecamatan Mandau. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kecamatan Mandau. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini pengaruh keteladanan guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kecamatan Mandau. Populasi pada penelitian ini, seluruh siswa yang berjumlah 481 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa. Penarikan sampel dilakukan melalui teknik proportional random sampling dan diambil secara acak di setiap kelasnya . Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis pengaruh keteladanan guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Dalam Pengelolaan data tersebut peneliti menggunakan bantuan perangkat komputer program SPSS (Statistical Program Society Science) Versi 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis data maka disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan Keteladanan Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kecamatan Mandau. Hal ini berdasarkan perhitungan product moment sebesar 0,419 lebih besar dari “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% (0,232) maupun pada taraf signifikan 1% (0,302). Dengan cara lain dapat dituliskan dengan 0,232 < 0,419 > 0,302. Dengan demikian Ha (Hipotesa alternatif) di terima dan H0 (Hipotesa nihil) di tolak. Dapat disimpulkan bahwa ada kolerasi positif yang signifikan Keteladanan Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kecamatan Mandau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 10 Oct 2019 08:13
Last Modified: 10 Oct 2019 08:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21225

Actions (login required)

View Item View Item