Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis User Experience dan Usability Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Usability Testing

Defi Poppyna Putri, - (2019) Analisis User Experience dan Usability Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Usability Testing. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
3. ABSTRAK DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB III.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB IV.pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text (BAB V)
10. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah menyebar dengan pesat sehingga berdampak pada sistem pembelajaran beberapa sekolah di Indonesia, seperti di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru yang telah menerapkan sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi yaitu penggunaan iPad yang tujuannya menggantikan buku sebagai alat bantu pembelajaran, penerapan sistem ini juga sebagai sarana untuk adaptasi pada masa transisi era digital. Dilakukannya analisis user experience dan usability dengan penyebaran kuesioner USE kepada seluruh siswa sehingga terlihat bahwa variabel usefulness, ease of use dan ease of learning dengan uji simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel satisfaction. Tetapi dalam uji parsial, hanya variabel ease of learning yang tidak signifikan terhadap variabel satisfaction. Pengukuran usability menunjukkan bahwa nilai kelayakan sebesar 77,13% yang berarti usability sistem pembelajaran berbasis teknologi memiliki nilai layak. Dalam penelitian ini dilakukan pemberian rekomendasi terhadap beberapa permasalahan yang perlu untuk diperbaiki berdasarkan dari pengalaman pengguna (User Experience) dan usability. Kata kunci: User experience, usability, Kuesioner USE, iPad

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 01 Oct 2019 07:05
Last Modified: 01 Oct 2019 07:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20974

Actions (login required)

View Item View Item