Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MTS

Yolanda Fransiska Puteri, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MTS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. PENGESAHAN.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
16. BAB V.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran problem posing dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi, sedang dan rendah, dan juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap MTsN 2 Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019. Sampel diambil secara purposive sampling adalah kelas VII 4 dan VII 5. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal postest kemampuan pemahaman konsep matematis, angket keaktifan belajar dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran model problem posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung; 2)Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi, sedang dan rendah 3)Tidak terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaraan dengan keaktifan belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Model Problem Posing, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Keaktifan Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Posing, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Keaktifan Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 30 Sep 2019 08:29
Last Modified: 30 Sep 2019 08:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20926

Actions (login required)

View Item View Item