Yolanda Fransiska Puteri, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MTS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
3. PENGESAHAN.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (795kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB III.pdf Download (913kB) | Preview |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
16. BAB V.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran problem posing dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi, sedang dan rendah, dan juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap MTsN 2 Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019. Sampel diambil secara purposive sampling adalah kelas VII 4 dan VII 5. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal postest kemampuan pemahaman konsep matematis, angket keaktifan belajar dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran model problem posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung; 2)Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi, sedang dan rendah 3)Tidak terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaraan dengan keaktifan belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Model Problem Posing, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Keaktifan Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Posing, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Keaktifan Belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 08:29 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 08:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20926 |
Actions (login required)
View Item |