Nurmin (2018) Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Luqman Al-Hakim Dalam Tafsir Al-Qur’an. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201830DPAI_COVER.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201830DPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201830DPAI_DAFTAR ISI.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201830DPAI_ABSTRAK.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201830DPAI_BAB I.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201830DPAI_BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. 201830DPAI_BAB III.pdf Download (467kB) | Preview |
|
Text
9. 201830DPAI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (959kB) |
||
|
Text
10. 201830DPAI_BAB V.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201830DPAI_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (401kB) | Preview |
Abstract
Konsep pendidikan di dalam keluarga atau rumah tangga mereka masingmasing dan penerapan nilai-nilainya di sekolah dan di madrasah. Peran dan fungsi orang tua dalam membimbing dan mengawasi anak terasa semakin berkurang. Hal ini mengakibatkan kepada tata cara pergaulan yang semakin menyimpang dari asas-asas. agama. Penelitian ini melakukan kajian secara mendalam tentang model pendidikan keluarga menurut Alquran yang difokuskan pada sūrat Luqmân. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana konsep pendidikan keluarga menurut Alquran dalam sūrat Luqmân?. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimana pendidikan keluarga dalam perspektif Alquran?, (b) Bagaimana tafsir sūrat Luqmân dalam perspektif pendidikan keluarga?, (c) Bagaimana konsep pendidikan keluarga dalam sūrat Luqmân?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai konsep pendidikan keluarga dalam Al-Qu’an (kajian surat Luqman). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang di amati. Sumber data penelitian menggunakan data primer dan sekunder .Data primer diperoleh dari ayat-ayat Alquran yang berkenaan dengan pendidikan keluarga. Sedangkan data sekunder adalah data yang didapatkan dari data sebelumnya yang sudah pernah disajikan oleh penelitian terdahulu, atau dokumen-dokumen yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik komunikasi, teknik pengukuran, teknik wawancara dan teknik telaah dokumen. Hasil dan temuan dalam penelitian ini adalah berdasarkan berbagai ahli tafsir mengenai model pendidikan keluarga surat Luqman. Dengan demikian, penulis dapat menyimpulkan bahwa: terdapat lima nilai-nilai pendidikan keluarga, diantaranya 1) bersyukur kepada Allah Swt, 2) beriman kepada Allah Swt, 3) perintah berbuat baik kepada kedua orang tua, 4) mendirikan shalat, dan 5) amal Ma’ruf Nahi Munkar. Sedangkan konsep pendidikan keluarga dalam surat Luqman terdapat dua konsep, diantaranya 1) konsep pendidikan keluarga prenatal, dan 2) konsep pendidikan keluarga Postnatal.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 03:34 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 03:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20814 |
Actions (login required)
View Item |