Integaris Islam dalam Pembelajaran Kimia Pada Kurikulum Tingkat SMA/MA

Kuncoro Hadi (2018) Integaris Islam dalam Pembelajaran Kimia Pada Kurikulum Tingkat SMA/MA. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 201803DPAI_COVER DISERTASI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 201803DPAI_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 201803DPAI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 201803DPAI_DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 201803DPAI_ABSTRAK.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 201803DPAI_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 201803DPAI_BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 201803DPAI_BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
9. 201803DPAI_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
10. 201803DPAI_BAB V PENUTUP.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 201803DPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia masih bersifat dikotomi, dimana materi pelajaran umum dipisahkan dengan materi keagamaan. Kondisi ini tidak sesuai dengan tujuan pendidikan Islam, yaitu membentuk manusia yang berfungsi sebagai ‘khalifah’ dan juga ‘abd. Ayat-ayat Al Qur’an yang menuturkan bagaimana Tuhan menciptakan langit, bumi, manusia, dan sebagainya, memberikan petunjuk yang kuat kepada para ilmuwan. Kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antar atom dan ikatan kimia. Dalam al Qur’an dapat ditemukan banyak isyarat yang menunjukan proses memperoleh ilmu pengetahuan. Secara estimologi dapat dikelompokan menjadi tiga bagaian; empirik, logik dan intuitif. Pendidikan kimia mempunyai arti lebih luas daripada pembelajaran kimia, yaitu meliputi pembelajaran kimia, pembimbingan kimia, dan pelatihan kimia. Pembelajaran kimia sendiri tersusun atas komponen masukan, instrumental dan lingkungan, proses pembelajaran, dan keluaran. Komponen terpenting dari pendidikan kimia adalah pembelajaran kimia. Ilmu kimia berkaitan dengan upaya memahami berbagai fenomena alam secara sistematis. Perumusan integerasi Islam dalam materi pembelajaran kimia. Adanya pembelajaran saintifik kimia prespektif Hadits dan Integrasi Islam dalam proses pembelajaran kimia. Kata kunci: Integrasi, Pembelajaran Kimia, Proses Pembelajaran, Metode Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:52
Last Modified: 26 Sep 2019 04:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20737

Actions (login required)

View Item View Item