Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS KREATIVITAS UNTUK PENGAYAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA IT SE KOTA PEKANBARU

Zahriyah (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS KREATIVITAS UNTUK PENGAYAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA IT SE KOTA PEKANBARU. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 201802DPAI_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 201802DPAI_PENGESAHAN ZAHRIAYA.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 201802DPAI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 201802DPAI_DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 201802DPAI_ABSTRAK.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 201802DPAI_BAB I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 201802DPAI_BAB II.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 201802DPAI_BAB III.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
9. 201802DPAI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. 201802DPAI_BAB V.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 201802DPAI_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Pendidikan yang dilakukan melalui mendidik dan membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, sikap, nilai, moral dan keterampilan bertujuan untuk memahami lingkungan sosial masyarakat. Hal ini dapat menjadikan pembelajaran sosial khusunya sosiologi menjadi lebih menarik, penuh tantangan dan semangat dalam mempelajarinya.Melalui model pembelajaran terpadu dapat menanggulangi siswa yang pasif menjadi kreatif, mampu berpikir kritis dan menghadapi tantangan global serta memiliki karakter yang islami karena adanya perpaduan ilmu sosiologi dan agama Islam. Fokus masalah dalam penelitian adalah sebagai berikut : 1). Bagaimana konsep model pembelajaran terpadu berbasis kreativitas untuk pengayaan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sosiologi di SMA IT se kota Pekanbaru 2). Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran terpadu berbasis kreativitas untuk kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sosiologi di SMA IT se kota Pekanbaru 3). Bagaimana pengembangan model pembelajaran terpadu berbasis kreativitas untuk pengayaan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sosiologi di SMA IT se kota Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Metode ini dilakukan melalui studi kasus kualitatif dan kuantitatif. Temuan kesimpulan yang diperoleh yaitu konsep model pembelajaran terpadu telah diterapkan dalam pembelajaran sosiologi di SMA IT se kota Pekanbaru akan tetapi penerapan tersebut belum maksimal dan masih ada kendala sehingga belum sesuai dengan yang diharapkan, Pelaksanaan model pembelajaran terpadu berbasis kreativitas untuk pengayaan kemampuan berpikir kritis di SMA IT se kota Pekanbaru memperoleh tingkat rating scale yang menunjukkan baik, ini berarti bahwa pelaksanaan model pembelajaran terpadu berbasis kreativitas sudah baik. Pengembangan model pembelajaran terpadu menghasilkan model baru bernama KERIS (Kreatif dan Kritis) yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan pengayaan kemampuan berpikir kritis setelah disempurnakan melalui Forum Group Diskusi (FGD) dengan tim ahli model pembelajaran, guru sosiologi dan peserta lainnya. Penerapan pengembangan model membuat siswa SMA IT se kota Pekanbaru mampu menerapkan kretivitas dan memiliki pengayaan kemampuan berpikir kritis. Hal ini berarti siswa mampu menjadi individu yang memiliki kreativitas dan pengayaan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 26 Sep 2019 03:18
Last Modified: 04 Oct 2019 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20722

Actions (login required)

View Item View Item