Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kabupaten Indragiri Hilir

Marlina (2018) Peran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kabupaten Indragiri Hilir. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 2018245TMPI_cover.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 2018245TMPI_pengesahan.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 2018245TMPI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 2018245TMPI_DAFTAR-ISI.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 2018245TMPI_ABSTRAK.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 2018245TMPI_TESIS BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 2018245TMPI_TESIS BAB II.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 2018245TMPI_TESIS BAB III.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
9. 2018245TMPI_TESIS BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. 2018245TMPI_TESIS BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 2018245TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Dalam penyelenggaraan pendidikan karakter, Kepala Sekolah memiliki tanggung jawab dan peran yang besar, yaitu menggerakkan, mengarahkan, membimbing, melindungi, membina, memberikan dorongan, bantuan, dan keteladanan bagi guru dan anak di sekolah. Sebagai penanggung jawab terhadap pengembangan pendidikan karakter anak di sekolah, Kepala Sekolah juga harus memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni agar seluruh pengelolaan pendidikan karakter yang melibatkan seluruh komponen (semua warga sekolah dan orang tua) dapat dikembangkan dengan baik. Oleh karena itu pemahaman terhadap bagaimana upaya Kepala Sekolah dalam mengimplemenatsikan nilainilai pendidikan karakter kepada peserta didik fungsi-fungsi manajemen; mulai perencanan, penggerakan, dan pengendalian serta evaluasi terhadap penyelenggakan nilai-nilai pendidikan karakter sangat diperlukan. Hal tersebut menjadi hal yang menarik penulis untuk melakukan penelitian mengenai bagaimana “Peran Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kabupaten Indragiri Hilir”. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana upaya Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan di MIN 1 Indragiri Hilir, MIN 2 Indragiri Hilir, MIN 3 Indragiri Hilir dan MIN 4 Indragiri Hilir Kabupaten Indragiri Hilir? Kedua, apa faktor pendukung dan penghambat upaya Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan Nilai-Nilai pendidikan karakter di MIN 1 Indragiri Hilir, MIN 2 Indragiri Hilir, MIN 3 Indragiri Hilir dan MIN 4 Indragiri Hilir Kabupaten Indragiri Hilir? Jenis penilitian ini kualitatif. Teknik pengumpulan data angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan sesuai dengan analisa data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian adalah: 1), upaya Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter di masing-masing madrasah yang dibahas dapat diketahui bahwa Kepala Sekolah memiliki program-program mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga tahap evaluasi. Faktor Faktor yang mendukung dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter oleh Kepala Sekolah adalah sebagai berikut: 1), kuatnya dukungan Orang Tua siswa dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter. 2), dukungan Guru yang kuat terhadap pelaksanaan dari dalam peran Kepala Sekolah dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter. 3), ikutsertanya warga sekolah dalam pelaksanaan nilai-nilai pendidikan karakter dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter di madrasah. Kedua, faktor yang menghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter adalah; 1), minimnya dana dalam menyelenggaran pendidikan karakter; 2), kurangnya pemahaman semua Guru tentang pendidikan karakter; 3), pelaksanaan penyelenggaran pembelajaran berbasis karakter belum terintegrasi secara menyeluruh pada setiap mata pelajaran. Kata kunci : Upaya. implementasi, nilai karakter

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 25 Sep 2019 04:24
Last Modified: 25 Sep 2019 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20705

Actions (login required)

View Item View Item