Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PADA PEDAGANG PAKAIAN DI PASAR SENJA KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

EKO SUSANTO (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PADA PEDAGANG PAKAIAN DI PASAR SENJA KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (894kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Eko Susanto (2017) : Penerapan Strategi Pemasaran Pada Pedagang Pakaian Di Pasar Senja Kecamatan Tampan Pekanbaru Menurut Perspektif Ekonomi Islam Skripsi ini dilatar belakangi karena tingginya tingkat persaingan antara sesama pedagang pakaian yang ada di Pasar Senja sehingga pedagang pakaian dituntut untuk menggunakan strategi pemasaran yang tepat, efektif dan efesien. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan strategi pemasaran pada pedagang pakaian di Pasar Senja Kecamatan Tampan Pekanbaru, apa saja faktor pendukung dan penghambat pedagang pakaian dalam menerapkan strategi pemasaran di Pasar Senja Kecamatan Tampan Pekanbaru dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap penerapan strategi pemasaran pada pedagang pakaian di Pasar Senja Kecamatan Tampan Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang berlokasi di Jl. Balam Sakti Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran pada pedagang pakaian di Pasar Senja Kecamatan Tampan Pekanbaru, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pedagang pakaian dalam menerapkan strategi pemasaran di Pasar Senja Kecamatan Tampan Pekanbaru dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap penerapan strategi pemasaran pada pedagang pakaian di Pasar Senja Kecamatan Tampan Pekanbaru.. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 240 Pedagang Pakaian, dan sampel sebanyak 15% yaitu 36 pedagang pakaian, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan penulis yaitu metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran yang dilakukan pedagang pakaian di Pasar Senja Kecamatan Tampan Pekanbaru dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek produk pedagang pakaian yang ada di pasar senja menjual produk (pakaian) dengan model terbaru, aspek harga ditentukan berdasarkan proses tawar menawar yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari tranaksi jual beli tersebut, aspek tempat sudah strategis dan dari aspek promosi yang dilakukan pedagang pakaian adalah dengan cara menawarkan langsung kepada pembeli, promosi tersebut belum efektif dan belum maksimal. Faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi pemasaran pada pedagang pakaian di Kecamatan Tampan Pekanbaru yaitu lokasi yang strategis dan perhatian pemerintah dalam memberikan fasilitas lokasi tempat berjualan yang nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu terdapat pada modal yang terbatas, pengetahuan tentang pemasaran yang masih minim dan biaya sewa yang tinggi. Tinjauan ekonomi Islam mengenai penerapan strategi pemasaran pada pedagang pakaian di Pasar Senja Kecamatan Tampan Pekanbaru jika dilihat dari segi strategi bauran pemasaran (marketing mix) belum sesuai dengan ekonomi ii Islam yaitu dari aspek produk pedagang pakaian yang ada di pasar senja menjual produk (pakaian) dengan model terbaru akan tetapi pedagang tidak pernah memberikan hak khiyar kepada pembeli karena, pedagang merasa dirugikan dengan adanya hak tersebut dan aspek promosi yaitu dengan cara menawarkan langsung kepada pembeli, promosi tersebut belum efektif dan belum maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 20 Sep 2019 16:07
Last Modified: 20 Sep 2019 16:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20526

Actions (login required)

View Item View Item