Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan hasil Belajar siswa SMP Negeri di Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, Propinsi Riau

Darmaiyah (2018) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan hasil Belajar siswa SMP Negeri di Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, Propinsi Riau. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 2018212TMPI_COVER.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 2018212TMPI_PENGESAHAN.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 2018212TMPI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 2018212TMPI_DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 2018212TMPI_ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 2018212TMPI_BAB 1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 2018212TMPI_BAB 2.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 2018212TMPI_BAB 3.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
9. 2018212TMPI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img]
Preview
Text
10. 2018212TMPI_BAB 5.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 2018212TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah mempunyai peran sebagai supervisor dalam pembelajaran di sekolah yang dipimpinnya, dengan demikian tanggung jawab supervisi pembelajaran terutama di tangan kepala sekolah, meskipun dalam pelaksanaannya kepala sekolah dapat mendayagunakan personil sekolah yang lain, namun sering kali kepala sekolah tidak melaksanakan tugasnya sebagaimana mestinya yang pada akhirnya berimbas pada menurunnya mutu pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang (1) bagaimana kepala sekolah merencanakan supervisi pembelajaran (2) bagaimana kepala seekolah melaksanakan supervisi pembelajaran (3) bagaimana kepala sekolah menindaklanjuti hasil supervisi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menemukan tentang (1) kondisi yang sebenarnya peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pembelajaran (2) faktor-faktor pendukung dan penghampat (3) upaya-upaya yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pembelajaran belum terlaksana sesuai dengan Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang standar kepala sekolah yang salah satunya adalah kompetensi supervisi. Kepala SMP Negeri di kecamatan Enok, belum melakukan perencanaan supervisi, hal ini bisa dilihat dari tidak adanya jadwal pelaksanaan supervisi, dan format-format instrument supervisi seperti lembar observasi, daftar pertanyaan, lembar penilaian dan lembar rekapitulasi hasil supervisi. Pelaksanaan supervisipun belum dilaksanakan, indikasinya adalah tidak pernah diadakan supervisi kunjungan kelas dan observasi kelas. Tindaklakjut supervisi pembelajaran juga belum dilaksanakan, kepala sekolah belum melakukan review rangkuman hasil penilaian. Adapun factor pendukungnya adalah kualifikasi pendidikan guru mayoritas S.1, lingkungan sekolah berada dalam satu kompleks yang kondusif dan factor penghambatnya adalah kurangnya waktu yang dimilki kepala sekolah dan kurangnya pengetahuan tentang supervisi pembelajaran. Adapun upaya yang dilakukan adalah penyamaan visi misi dan membentuk organisasi guru MGMP

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 20 Sep 2019 08:51
Last Modified: 20 Sep 2019 08:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20507

Actions (login required)

View Item View Item