Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK (RSIA) ANDINI PEKANBARU DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

ANNISA AYU RAHMI (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK (RSIA) ANDINI PEKANBARU DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Annisa Ayu Rahmi (2017) : Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak (RSIA) Andini Pekanbaru Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Penulisan ini dilatar belakangi oleh semakin banyaknya Rumah Sakit yang ada di Pekanbaru, yang membuat setiap Rumah Sakit berlomba-lomba dalam menarik dan menjaga konsumen yang sudah ada, dengan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada konsumennya. Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Andini telah memberikan pelayanan yang berkualitas kepada konsumennya, namun dari data tahun 2016 terjadi fluktuasi terhadap jumlah konsumen setiap bulannya, oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen RSIA Andini Pekanbaru. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan (sarana, perhatian, kehandalan, daya tanggap, dan jaminan) terhadap kepuasan konsumen pada RSIA Andini Pekanbaru, dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhaap kualitas pelayanan pada RSIA Andini Pekanbaru. Penelitian ini dilkukan di RSIA Andini yang berlokasi di Jalan Tuanku Tambusai No. 55 Kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang yaitu konsumen yang menggunakan jasa RSIA Andini, dengan pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling yaitu teknik memilih sampel dari orang atau unit yang paling mudah dijumpai. Teknik pengumpulan data melalui studi observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan studi pustaka. Penulis menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu melakukan uji statistik untuk menguji hipotesis. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa seluruh variabel independen mempengaruhi variabel dependen dengan penjelasan sebagai berikut, Sarana / Bukti Fisik (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y), hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji parsial yaitu nilai t hitung sebesar 8,091 lebih besar dari t tabel 2,650 (70-2 = 68) pada label signifikannya 1% (8,091 > 2,650). Perhatian (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y), hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji parsial yaitu nilai t hitung sebesar 7,695 lebih besar dari t tabel 2,650 (70-2 = 68) pada label signifikannya 1% (7,695 > 2,650). Kehandalan (X3) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen(Y), hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji parsial yaitu nilai t hitung sebesar 7,109 lebih besar dari t tabel 2,650 (70-2 = 68) pada label signifikannya 1% (7,109 > 2,650). Daya tanggap (X4) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y), hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji parsial yaitu nilai t hitung sebesar 8,936 lebih besar dari t tabel 2,650 (70-2 = 68) pada label signifikannya 1% (8,936 > 2,650). Jaminan (X5) berpengaruh ii signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y), hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji parsial yaitu nilai t hitung sebesar 7,948 lebih besar dari t tabel 2,650 (70-2 = 68) pada label signifikannya 1% (7,948 > 2,650). Dalam pandangan Ekonomi Islam, pelayanan yang diberikan oleh RSIA Andini Pekanbaru sesuai dengan prinsip Syari’ah atau tidak bertentangan dengan aspek-aspek syari’ah, baik dari segi Tangibles (bukti fisik), Empaty (perhatian), Realibility (kehandalan), Responsiveness (daya tanggup), dan Asurance (jaminan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 19 Sep 2019 09:34
Last Modified: 19 Sep 2019 09:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20454

Actions (login required)

View Item View Item