Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KREATIVITASGURUDALAM MENGAJAR TERHADAP MINATBELAJAR FIKIH SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

SARIFAH M, 11311201128 (2017) PENGARUH KREATIVITASGURUDALAM MENGAJAR TERHADAP MINATBELAJAR FIKIH SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kreativitas guru dalam mengajar sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan minat belajar siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengajar dan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih serta pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap minat belajar Fikih siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Fikih dan siswa kelas V11 Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objeknya adalah kreativitas dalam mengajar dan minat belajar Fikih siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII dan guru Fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru, yang berjumlah 292 siswa, sedangkan sampelnya di tarik sebesar 35% dengan jumlah 102 orang. Penarikan sampel menggunakan cara Proportional random sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawncara, angket dan dokumentasi. Dalam menganalisis data untuk rumusan masalah 1 dan 2 menggunakan rumus kuantitatif presentase, dan untuk rumusan masalah 3 menggunakan rumus korelasi koefisien kontingensi. Setelah data dianalisis, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) kreativitas guru Fikih tergolong baik dengan persentase sebesar 77,07%. 2) minat belajar siswa pada mata pelajaran Fikih tergolong tinggi dengan persentase sebesar 72,90%. 3) Terdapat pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,273(rh). koefisien korelasi sebesar 0,273 lebih besar dari r tabel (rt) baik pada taraf signifikan 5% = 0,195 maupun 1% = 0,254. Dari hasil analisa ini dapatlah diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas guru mengajar dengan minat belajar Fikih siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Maka semakin kreatif guru Fikih dalam mengajar akan semakin baik pula minat belajar siswanya, begitu pula sebaliknya semakin tidak kreatif guru dalam mengajar maka minat belajar siswa akan menurun/tidak baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:53
Last Modified: 13 Sep 2019 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20154

Actions (login required)

View Item View Item