Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Islamic Educational Method Perspektives Hamka Analysis Tafsir Al-Azhar

Mukhlis (2018) Islamic Educational Method Perspektives Hamka Analysis Tafsir Al-Azhar. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 2018165TPAI_COVER.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 2018165TPAI_PENGESAHAN.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 2018165TPAI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 2018165TPAI_DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 2018165TPAI_ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 2018165TPAI_BAB I.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 2018165TPAI_BAB II.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 2018165TPAI_BAB III.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
9. 2018165TPAI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
[img]
Preview
Text
11. 2018165TPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pendidikan Islam menurut perspektif tafsir al-azhar karya Hamka. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan penelitian yang bersifat library research dengan menggunakan bahan-bahan tertulis yang telah dipublikasikan dalam bentuk buku. Metode yang digunakan adalah Content Analytic (analisis isi), yaitu menganalisis uraian beberapa ayat yang memperlihatkan metode pendidikan Islam yang dijelaskan dalam tafsir al-azhar karya Hamka. Penemuan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa begitu banyak metode pendidikan Islam yang Allah tunjukkan didalam Al-Qur’an misalnya Metode melihat dan meniru dalam surat al-Maidah ayat 31, kemudian ada Metode Teladan yakni dalam surat al-Ahzab ayat 21, kemudian dalam surat an-Nahl ayat 125 tertulis tiga cara berkomunikasi yang baik, selanjutnya Metode Bercerita dan Berceramah yaitu didalam surat yusuf ayat 2 dan 3, sedangkan dalam surat alAnkabut ayat 20 menunjukkan pada kita bahwa terdapat didalamnya Metode Pengalaman dan Berfikir. Menurut Hamka Hakekat Pendidikan terbagi menjadi 2 bagian, yaitu : pertama, pendidikan jasmani, yaitu pendidikan untuk pertumbuhan dan kesempurnaan jasmani serta kekuatan jiwa dan akal. Kedua, pendidikan ruhani, yaitu pendidikan untuk kesempurnaan fitrah manusia dalam ilmu pengetahuan dan pengalaman yang didasarkan kepada agama. Kedua unsur jasmani dan ruhani tersebut memiliki kecenderungan untuk berkembang, dan untuk menumbuh kembangkan keduanya adalah melalui pendidikan karena pendidikan merupakan sarana yang paling tepat dalam menentukan perkembangan secara optimal kedua unsur tersebut. Jika kita terus menggali dan menggali luasnya ilmu Allah dalam al- Qur’an, niscaya kita akan mendapatkan begitu banyak Metode-metode pendidikan Islam yang bisa kita terapkan dalam mendidik generasi-generasi Islam, sehingga Pendidikan Islam bisa bangkit kembali seperti masa keemasan Islam dahulu, dimana ilmuan-ilmuan Islam menjadi rujukan sebagian besar ilmuan dunia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:43
Last Modified: 13 Sep 2019 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20150

Actions (login required)

View Item View Item