Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG KESEHATAN NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG PENYEDIAAN FASILITAS KHUSUS MENYUSUI DAN MEMERAH AIR SUSU IBU DI RUMAH SAKIT SYAFIRA PEKANBARU

PINTA SUFMA ADMAINI (2017) PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG KESEHATAN NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG PENYEDIAAN FASILITAS KHUSUS MENYUSUI DAN MEMERAH AIR SUSU IBU DI RUMAH SAKIT SYAFIRA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi menyebabkan wanita juga ikut bekerja, tetapi pada dasarnya wanita mempunyai sistem reproduksi yang berbeda dari pada laik-laki seperti dalam menyusui, yang diatur pada Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dalam pasal 83 tentang hak menyusui. Hak menyusui bagi wanita mempunyai manfaat yang baik, diantaranya mengurangi resiko kematian mendadak bagi bayi serta juga membantu pembentukan rahim kembali kepada keadaan semula. Dilihat dari manfaat yang didapatkan untuk ibu dan anak, maka pemberian asi harus mendapatkan perhatian penuh baik dari keluarga, masyarakat dan pemerintah. Pemerintah mendukung program pemberian asi eklusif dengan dikeluarkannya Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dalam pasal 128 menyebutkan bahwa selama pemberian air susu ibu, pihak keluarga, pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus. Penyediaan fasilitas khusus sebagaimana dimaksud diadakan di tempat kerja dan tempat sarana umum. Kenyataan yang terjadi adalah banyak tempat kerja tidak menyediakan fasilitas khusus menyusui dan/atau memerah asi bagi tenaga kerja wanita yang bekerja. Tenaga kerja yang paling banyak kita jumpai salah satunya adalah di Rumah Sakit, karena merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan ibu dan anak yang mengatur juga tentang pemberian asi eklusif. Rumah Sakit Syafira Pekanbaru merupakan tempat yang mempunyai banyak tenaga kerja wanita yang bekerja, salah satunya adalah perawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan terhadap penyediaan fasilitas khusus menyusui dan memerah asi bagi perawat yang bekerja di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru sesuai dengan Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini jika dilihat dari jenis penelitian maka tergolong kedalam jenis penelitian Hukum Sosiologis yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan yang bertitik tolak pada data primer yakni ii data yang diperoleh langsung dari rumah sakit dan perawat sebagi sumber pertama melalui penelitian lapangan yang dilakukan baik melalui pengamatan (observasi), wawancara, angket (kuisioner), yang diperoleh langsung dari pihak-pihak yang ada hubungannya dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terlaksananya penyediaan fasilitas khusus menyusui dan memerah asi bagi tenaga kerja wanita khususnya perawat di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru, yang menjadi factor penghambatnya adalah kurangnya sarana dan prasarana dalam pelaksanaan penyediaan fasilitas khusus menyusui dan memerah asi bagi perawat yang bekerja di Rumah Sakit Syafira Pekanbaru, sehingga tidak terlaksana sesuai dengan semestinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 11 Sep 2019 16:59
Last Modified: 11 Sep 2019 16:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19964

Actions (login required)

View Item View Item