Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE)MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN FARMASI IKASARI PEKANBARU

WULAN INDAH SARI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE)MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN FARMASI IKASARI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20171012PK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20171012PK.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20171012PK.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20171012PK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20171012PK.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20171012PK.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20171012PK.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20171012PK.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20171012PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20171012PK.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171012PK.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya siswa dalam memahami materi ikatan kimia sehingga berpengaruh pada rendahnya prestasi belajar siswa yang ditandai dengan banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimium (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE )menggunakan peta konsep terhadap prestasi belajar kimia siswa pada pokok bahasan ikatan Kimia kelas X SMKF Ikasari Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling, sehingga didapat dua kelas yaitu kelas X.1 Farmasi sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE )menggunakan peta konsep dan kelas X.2 Farmasi sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaraan konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai prestasi belajar kimia siswa dilakukan uji “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,94 dan ttabel = 2,02619 yang menunjukkan thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE ) menggunakan peta konsep terhadap prestasi belajar kimia siswa di SMKF Ikasari Pekanbaru dengan Kp sebesar 10,57%. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe SFAE, Peta Konsep, Prestasi Belajar, Ikatan Kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:13
Last Modified: 06 Sep 2019 07:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19404

Actions (login required)

View Item View Item