WULAN INDAH SARI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE)MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN FARMASI IKASARI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20171012PK.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20171012PK.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20171012PK.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20171012PK.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20171012PK.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20171012PK.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20171012PK.pdf Download (785kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20171012PK.pdf Download (607kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20171012PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20171012PK.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171012PK.pdf Download (277kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya siswa dalam memahami materi ikatan kimia sehingga berpengaruh pada rendahnya prestasi belajar siswa yang ditandai dengan banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimium (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE )menggunakan peta konsep terhadap prestasi belajar kimia siswa pada pokok bahasan ikatan Kimia kelas X SMKF Ikasari Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling, sehingga didapat dua kelas yaitu kelas X.1 Farmasi sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE )menggunakan peta konsep dan kelas X.2 Farmasi sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaraan konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai prestasi belajar kimia siswa dilakukan uji “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,94 dan ttabel = 2,02619 yang menunjukkan thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE ) menggunakan peta konsep terhadap prestasi belajar kimia siswa di SMKF Ikasari Pekanbaru dengan Kp sebesar 10,57%. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe SFAE, Peta Konsep, Prestasi Belajar, Ikatan Kimia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 07:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 07:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19404 |
Actions (login required)
View Item |