ATIKA LENDRA (2017) PENGGUNAAN STRATEGI KESUKARAN TERGRADASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 02 KECAMATAN SUKAJADI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017963PGMI.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017963PGMI.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017963PGMI.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017963PGMI.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017963PGMI.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017963PGMI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017963PGMI.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017963PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017963PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017963PGMI.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017963PGMI.pdf Download (253kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penggunaan strategi Kesukaran TergradasiKelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 02 Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi balajar siswa diantaranya, rendahnya perhatian siswa dalam belajar, kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran, siswa kurang member respon ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi kesukaran tergradasi dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa strategi pembelajaran Kesukaran Tergradasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan rata-rata persentase 45,00%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 63,51%. Pada siklus II meningkat menjadi 81,89%. Dengan demikian strategi kesukaran tergradasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 02 Kecamatan Sukajadi Pekanbaru Kata Kunci : Motivasi Belajar, Strategi Kesukaran Tergradasi, Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 01:39 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 01:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19333 |
Actions (login required)
View Item |