Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN STRATEGI KESUKARAN TERGRADASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 02 KECAMATAN SUKAJADI PEKANBARU

ATIKA LENDRA (2017) PENGGUNAAN STRATEGI KESUKARAN TERGRADASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 02 KECAMATAN SUKAJADI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017963PGMI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017963PGMI.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017963PGMI.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017963PGMI.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017963PGMI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017963PGMI.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017963PGMI.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017963PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017963PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017963PGMI.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017963PGMI.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penggunaan strategi Kesukaran TergradasiKelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 02 Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi balajar siswa diantaranya, rendahnya perhatian siswa dalam belajar, kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran, siswa kurang member respon ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi kesukaran tergradasi dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa strategi pembelajaran Kesukaran Tergradasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan rata-rata persentase 45,00%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 63,51%. Pada siklus II meningkat menjadi 81,89%. Dengan demikian strategi kesukaran tergradasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 02 Kecamatan Sukajadi Pekanbaru Kata Kunci : Motivasi Belajar, Strategi Kesukaran Tergradasi, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:39
Last Modified: 06 Sep 2019 01:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19333

Actions (login required)

View Item View Item