Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF ORANGTUA DAN ANAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK

SUNARTI (2017) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF ORANGTUA DAN ANAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017944PAI.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017944PAI.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017944PAI.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017944PAI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017944PAI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017944PAI.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017944PAI.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017944PAI.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017944PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017944PAI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017944PAI.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Interaksi Orangtua dan Anak Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Apit Kabupaten Siak. Berdasarkan wawancara dengan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Apit Kabupaten Siak penulis menemukan gejala sebagian siswa kurang bersemangat ketika mengikuti mata pelajaran Fiqih bahwa orangtua kurang memiliki waktu untuk menemani belajar anak di rumah. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Apit Kabupaten Siak pemilihan lokasi didasari dengan alasan pemasalahan yang ada di lokasi ini. Subjek penelitian ini adalah orangtua dan siswa bersekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Apit Kabupaten Siak. Peniliti menetapkan sampel sebesar siswa sebanyak 71 siswa dan orangtua. Dari hasil penyajian data terhadap penelitian yang dilakukan maka didapatkan kesimpulan 1) interaksi orangtua dengan anak dengan persentase 80% tergolong dalam kategori baik. Artinya interaksi orangtua dengan anak pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Apit Kabupaten Siak berada pada taraf baik. Orangtua telah melaksanakan proses interaksi dengan anaknya dirumah dengan baik khususnya pada saat anak belajar mata pelajaran Fiqih dirumah. 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dengan persentase 81% tegolong kedalam kategori sangat baik. Artinya siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Apit Kabupaten Siak memiliki motivasi atau dorongan dan semangat belajar yang sangat tinggi. Hal ini juga menjelaskan bahwa mata pelajaran Fiqih disenangi oleh siswa. 3) Adanya pengaruh yang signifikan interaksi orangtua dan anak Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Apit Kabupaten Siak, karena nilai korelasi (0.526) lebih basar dari nilai taraf kesalahan 5% (0.232) dan 1% (0.302). Kata kunci: Interaksi, motivasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 05 Sep 2019 08:55
Last Modified: 05 Sep 2019 08:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19295

Actions (login required)

View Item View Item