YULIA WIRDAHAYATI (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE HIGH FIVES KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 014 GANTING DAMAI KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017942PGMI.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017942PGMI.pdf Download (540kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017942PGMI.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017942PGMI.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017942PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017942PGMI.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017942PGMI.pdf Download (794kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017942PGMI.pdf Download (459kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017942PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017942PGMI.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017942PGMI.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe High Fives di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Ganting Damai. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya siswa kurang mengajukan pertanyaan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Stategi Pembelajaran Aktif Tipe High Fives dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa Strategi Pembelajaran Aktif Tipe High Fives dapat meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini dapat dilihat sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya mencapai 60% (Sedang), setelah dilakukan tindakan motivasi belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 66,78% (Tinggi) dan pada siklus II motivasi belajar siswa berhasil mencapai 79,40% (Tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe High Fives dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Sekolah Dasar Negeri 014 Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Tipe High Fives, Motivasi Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 08:51 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 08:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19292 |
Actions (login required)
View Item |