ROBIANA, 11211204244 (2017) HUBUNGAN ANTARA SIKAP BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KEHUTANAN NEGERI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (474kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (375kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa prestasi belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah sikap belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) sikap belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Negeri Pekanbaru 2) Prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam 3) Hubungan antara sikap belajar dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Negeri Pekanbaru. Subyek penelitian adalah siswa, sedangkan obyek penelitian adalah hubungan antara sikap belajar dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016 yang Muslim berjumlah 251siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 80 siswa. Pengumpulan data di lakukan dengan tekhnik angket dan dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah pertama data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase, untuk menjawab rumusan masalah kedua data dianalisis dengan menggunakan rumus mean. Sedangkan untuk menganalisis hubungan antara sikap belajar dan prestasi belajar data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi Pearson product moment. Dalam pengolahan data tersebut peneliti menggunakan bantuan computer program SPSS versi 20.0. Berdasarkan hasilanalisis data maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Sikap belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru tergolong sangat positif dengan persentase sebesar 84,81%, 2) Prestasi belajar siswa SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong sangat baik dengan rata-rata 80,8, 3) Ada hubungan yang signifikan antara sikap belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru. Berdasarkan analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,470 dengan probabilitasnya 0.000. Hal ini mengandung arti bahwa semakin positif sikap belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam maka semakin tinggi prestasi belajar mereka, sebaliknya semakin negatif sikap belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam maka semakin rendah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Negeri Pekanbaru
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 01:55 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 01:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19223 |
Actions (login required)
View Item |