Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH PUTERI PEKANBARU

YODI FARASKI, 11211101347 (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DINIYAH PUTERI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Strategi Questions Students Have (Variabel X) dan keaktifan belajar (Variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan Strategi Questions Students Have untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru, dengan rumusan masalah apakah ada pengaruh penerapan Strategi Questions Students Have untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru?. Subjek penelitian ini adalah Siswi di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi Question student have terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 115 orang, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII C yang berjumlah 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling puspossive atau pengambilan sampel bertujuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tes “t”. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan teknik analisis tes „t‟ dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi Question student have terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru dengan perolehan angka indeks thitung 9.48 lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% = 2.00 maupunpadatarafsignifikan 1% = 2.65. Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan Ho (hipotesa nihil) ditolak. Jadi ada pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi Question student have terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Artinya dengan menerapkan strategi Question student have maka akan semakin tinggi keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 05 Sep 2019 01:50
Last Modified: 05 Sep 2019 01:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19219

Actions (login required)

View Item View Item