Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

ANGGIA SETIANING TYAS (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017920PK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017920PK.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017920PK.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017920PK.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017920PK.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017920PK.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017920PK.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017920PK.pdf

Download (669kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017920PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017920PK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017920PK.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Untuk itu, dilaksanakan penelitian eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media adobe flash terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu XI MIA 2 (kontrol) berjumlah 24 siswa dan XI MIA 3 (eksperimen) berjumlah 25 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pre-test dan post-test, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan uji t polled varians. Hasil analisis data awal dan akhir diperoleh nilai thitung = 2,28 dan ttabel = 1,678 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media adobe flash terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, dengan pengaruh sebesar 9,94%. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Media Adobe Flash, Hasil Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 05 Sep 2019 01:21
Last Modified: 05 Sep 2019 01:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19203

Actions (login required)

View Item View Item