Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KONDISI SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU

DARMAWATI (2017) PENGARUH KONDISI SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017914PGMI.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017914PGMI.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017914PGMI.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017914PGMI.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017914PGMI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017914PGMI.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017914PGMI.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017914PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017914PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017914PGMI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017914PGMI.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kondisi siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, diantaranya adalah sebagian siswa yang memiliki gangguan kesehatan seperti: batuk, filek, pusing dan lesu sehingga dapat menyebabkan kurang konsentrasi dalam belajar. Selain itu juga sebagian siswa tidak menjawab pertanyaan guru mengenai materi pelajaran yang telah diajarkan minggu sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode korelasi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 165 siswa dengan jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 42 orang. Pengambilan sampel dengan cara Random Sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh kondisi siswa terhadap motivasi belajar siswa sangat signifikan, hal ini dilihat dari r hitung > r tabel (0,304 < 0,542 > 0,393). Korelasi antara tingkat kelayakan kondisi siswa terhadap motivasi belajar siswa tersebut tergolong sedang, karena nilai koefisien korelasi tingkat kelayakan kondisi siswa terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 0,542 terletak pada interval koefisien 0,400 – 0,700. Adapun persentase pengaruh tingkat kelayakan kondisi siswa terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 29,4% sedangkan 70,6% ditentukan oleh faktor lain. Kata Kunci: Kondisi Siswa, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 05 Sep 2019 01:07
Last Modified: 05 Sep 2019 01:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19198

Actions (login required)

View Item View Item