Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 PEKANBARU

DELPI (2017) PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017897KI.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017897KI.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017897KI.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017897KI.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017897KI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017897KI.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017897KI.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017897KI.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017897KI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017897KI.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017897KI.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif. Informan utama penelitian adalah empat orang guru bimbingan konseling dan lima orang siswa sebagai informan pendukung. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru bimbingan konseling. Berdasarkan hasil observasi dari empat orang guru bimbingan konseling ada beberapa item yang tidak dilaksanakan seperti, (1) guru bimbingan konseling tidak memberikan penilaian segera setelah memberikan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa, (2) guru bimbingan konseling tidak memberikan kesempatan kepada siswa dalam memperkenalkan diri dalam layanan bimbingan kelompok. Dan berdasarkan hasil wawancara (1) guru bimbingan konseling sudah melaksanakan bimbingan kelompok, (2) guru bimbingan konseling membuat program pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi, (3) guru bimbingan konseling menjelaskan pengertian, tujuan, cara-cara, dan asas-asas pelaksanaan layanan bimbingan kelompok kepada siswa, (4) guru bimbingan konseling memberikan keyakinan kepada siswa bahwa dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dengan cara membiasakan dan berlatih. Dan faktor yang menpengaruhi pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa adalah: seperti latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling, sarana dan prasarana yang digunakan dalam layanan bimbingan konseling. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Keterampilan Berkomunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 04 Sep 2019 06:20
Last Modified: 04 Sep 2019 06:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19122

Actions (login required)

View Item View Item