Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MOT IVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH UMMATAN WASATHAN PESANTREN TEKNOLOGI RIAU PEKANBARU

SABIRUN, 11211101270 (2017) PENGARUH MOT IVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH UMMATAN WASATHAN PESANTREN TEKNOLOGI RIAU PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (359kB)
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya motivasi belajar tinggi akan tetapi prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Motivasi Belajar (variabel X) dan Prestasi Belajar Siswa (variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Ummatan Wasathan Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru, dengan rumusan masalah apakah ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Ummatan Wasathan Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru?. Subjek penelitian ini adalah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Ummatan Wasathan Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian adalah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Ummatan Wasathan Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 69 orang, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 69 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan teknik korelasi product moment dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Ummatan Wasathan Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru dengan perolehan angka indeks 0,733 lebih besar dari “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% = 0,232 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,302. Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan H0 (hipotesa nihil) ditolak. Jadi ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Ummatan Wasathan Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru. Artinya semakin baik motivasi belajar maka semakin tinggi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Ummatan Wasathan Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 02 Sep 2019 06:10
Last Modified: 02 Sep 2019 06:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18823

Actions (login required)

View Item View Item