Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU

SEPTIA NINGSIH (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017837PMT.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017837PMT.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017837PMT.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017837PMT.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017837PMT.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017837PMT.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017837PMT.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017837PMT.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017837PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017837PMT.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017837PMT.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kebutuhan siswa dalam pembelajaran menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang dapat menuntun siswa dalam menemukan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan. LKS berbasis model Quantum Teaching yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi kubus dan balok. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru. Subyek penelitian adalah para ahli materi dan ahli teknologi yang terdiri dari dosen dan guru serta 6 siswa untuk uji kelompok kecil dan 35 siswa untuk uji kelompok terbatas. Objek penelitian adalah LKS berbasis model Quantum Teaching. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas oleh para ahli yang digunakan untuk mengetahui validitas LKS, angket uji praktikalitas oleh siswa untuk mengetahui praktikalitas LKS dan soal tes untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan LKS. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong kriteria sangat valid (84,76%) dan sangat praktis (86,52% untuk kelompok kecil dan 82,83% untuk kelompok terbatas). Selanjutnya tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan LKS termasuk kriteria tinggi (83,50%). Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis Quantum Teaching ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: LKS, Quantum Teaching, Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 Sep 2019 05:01
Last Modified: 02 Sep 2019 05:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18798

Actions (login required)

View Item View Item