SUMAAN IBNU HAJAR (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017756PMT.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017756PMT.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017756PMT.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017756PMT.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017756PMT.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017756PMT.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017756PMT.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017756PMT.pdf Download (733kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017756PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017756PMT.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017756PMT.pdf Download (391kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan antara kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan kemampuan Berpikir (SPPKB) dengan siswa yang belajar dengan tidak menggunakan SPPKB. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan tidak menerapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB)? Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah posttest-only design with nonequivalent group. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan SPPKB, dan variabel terikatnya adalah Pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPIT Az-Zuhra Pekanbaru sebanyak 256 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B dan kelas VIII C, di mana kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C yang tidak menerapkan SPPKB. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan menerapkan SPPKB dan satu kali mengadakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian, dilakukan uji t terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan SPPKB dengan siswa yang belajar tidak menggunakan SPPKB. Adanya perbedaan dan dilihat dari mean kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol menunjukkan bahwa penerapan SPPKB memberikan pengaruh positif terhadap pemahman konsep matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 07:54 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 07:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18597 |
Actions (login required)
View Item |