VIONA DEKA (2017) PENERAPAN STRATEGI IKHTISAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NUR IKHLAS TUALANG PERAWANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017752PGMI.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017752PGMI.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017752PGMI.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017752PGMI.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017752PGMI.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017752PGMI.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017752PGMI.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017752PGMI.pdf Download (487kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017752PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017752PGMI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017752PGMI.pdf Download (337kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi ikhtisar siswa di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nur Ikhlas Tualang Perawang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah di tetapkan oleh sekolah yaitu 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi ikhtisar siswa dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dalam setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari lembar observer aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis desktriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi ikhtisar siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan yaitu 39,39%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 69,70%, pada siklus II hasil belajar siswa sebesar 87,87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi ikhtisar siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nur Ikhlas Tualang Perawang. Artinya apabila diterapkan strategi ikhtisar siswa secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Strategi Ikhtisar, Hasil Belajar, Ilmu pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 07:45 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 07:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18585 |
Actions (login required)
View Item |