KARNAINI (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI TRUE OR FALSE TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYYAH I PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017725PAI.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017725PAI.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017725PAI.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017725PAI.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017725PAI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017725PAI.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017725PAI.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017725PAI.pdf Download (632kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017725PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017725PAI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR REFERENSI_2017725PAI.pdf Download (384kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan strategi True or False terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran agama Islam di SMP Muhammadiyah I Pekanbaru. Dalam Penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi True or False terhadap prestasi belajar agama Islam siswa di SMP Muhammadiyah I Pekanbaru?” Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperiment, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh suatu treatment yang diberikan pada salah satu kelas (kelas eksperimen) dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas (kelas kontrol) yang tidak diberi treatment (mengunakan pembelajaran konvensional). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXa dan IXb SMP Muhammadiyah I Pekanbaru dan objek dari penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi True or False terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran agama. Tekhnik pengambilan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Tes dipergunakan untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan melalui penerapan strategi True or False jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa strategi True or False. Selanjutnya tes dianalisis dengan menggunakan tes ”t”. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi True or False dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa ke yang lebih baik pada mata pelajaran agama Islam jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa strategi True or False. Analisis data prestasi belajar siswa menunjukkan perbedaan Prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari mean kedua kelas, pada kelas eksperimen diperoleh mean 81,61 dan pada kelas kontrol 69,57. Dan juga dapat dilihat pada Nilai thitung = 2,61 yang berarti bahwa thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df = Nx + Ny – 2 = 26 + 30 – 2 = 54. Dalam tabel tidak terdapat df = 54, maka digunakan df yang mendekati 54, yaitu df = 50. Pada df = 50 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01. Ini berarti thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 02:58 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 02:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18490 |
Actions (login required)
View Item |