DZUL ILMI NAFI’ (2017) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I RETEH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017720PIPS-E.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017720PIPS-E.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017720PIPS-E.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017720PIPS-E.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017720PIPS-E.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017720PIPS-E.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017720PIPS-E.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017720PIPS-E.pdf Download (440kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017720PIPS-E.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017720PIPS-E.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017720PIPS-E.pdf Download (342kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kondisi proses belajar mengajar pada mata pelajaran Ekonomi kurang efektif. Oleh karena itu, penelitian ini akan menggunakan media power point. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi materi Ketenagakerjaan di kelas XI IPS1 SMA Negeri Reteh. Untuk menjawab masalah tersebut di atas, maka penulis menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengambilan datanya menggunakan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sementara teknik analisisnya menggunakan independent simple t-tes. Adapun perhitungannya menggunakan Statistic Package for Social Science (SPSS) for Windowa Release 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media power point, adalah sebesar 0,133 dengan nilai sig. 0.452. Selanjutnya berdasarkan uji-t, maka dapa disimpulkan juga bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media power poin terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri I Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir Kelas XI IPS1 pada mata pelajaran ekonomi materi ketenagakerjaan. Hal ini didasarkan pada perolehan nilai mean sebesar 8.618 dengan standar deviasi sebesar 5.472. Nilai t-hitung sebesar 9.183. Sedangkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 02:40 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 02:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18482 |
Actions (login required)
View Item |