Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (PEMBELAJARAN TERBALIK) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

RASMAINI, 11211201535 (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (PEMBELAJARAN TERBALIK) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penerapan strategi pembelajaran reciprocal teaching (pembelajaran terbalik) (variabel bebas/independen/variabel X) dan aktivitas belajar siswa (variabel terikat/dependen/variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran reciprocal teaching (pembelajaran terbalik) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru, dengan rumusan masalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran reciprocal teaching (pembelajaran terbalik) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru? Subjek penelitian ini adalah 1 Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran reciprocal teaching (pembelajaran terbalik) terhadap aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah pertama Negeri 23 Pekanbaru. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 942 orang dan Guru PAI yang berjumlah 1 orang, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah 259 siswa kelas VIII, peneliti mengambil 20 % dari jumlah siswa yaitu 52 orang siswa untuk dijadikan sampel penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi, dan kedua variabelnya berskala interval maka data dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan teknik korelasi product moment dapat diketahui bahwa penerapan strategi pembelajaran reciprocal teaching (pembelajaran terbalik) terhadap aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah pertama Negeri 23 Pekanbaru. Dengan perolehan angka indeks 0,449. lebih besar dari “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% = 0,325 %. maupun pada taraf signifikan 1% = 0,418 demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan Ho (hipotesa nihil) ditolak. Jadi ada pengaruh positif yang signifikan antara Variabel X dan Variabel Y. Dengan kata lain semakin baik penerapan strategi pembelajaran reciprocal teaching (pembelajaran terbalik) maka semakin tinggi pula aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 23 Aug 2019 09:10
Last Modified: 23 Aug 2019 09:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18060

Actions (login required)

View Item View Item