ICA SINORA, 11211204362 (2017) HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMBINASI METODE DEMONSTRASI DAN DRILL DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (715kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (586kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang didasari bahwa kemampuan membaca Alquran siswa ada hubungannya dengan metode mengajar guru, salah satunya adalah kombinasi metode demonstrasi dan drill. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak hubungan yang signifikan pelaksanaan kombinasi metode demonstrasi dan drill dengan kemampuan membaca Alquran siswa di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Alquran Hadits dan siswa di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah hubungan pelaksanaan kombinasi metode demonstrasi dan drill dengan kemampuan membaca Alquran siswa di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 140 siswa sebanyak 5 kelas. Karena materi ilmu tajwid yaitu hukum bacaan mad diberikan kepada siswa kelas VIII awal semester ganjil dan hal ini sesuai dengan waktu penelitian, maka peneliti memfokuskan pada siswa yang duduk di kelas VIII dengan mengambil sampel 50% yaitu 70 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel ini adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengetahui pelaksanaan kombinasi metode demonstrasi dan drill. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan membaca Alquran siswa di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang guru, siswa, profil sekolah, dan sebagainya. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment data kelompok untuk sampel besar.. Berdasarkan data menunjukkan bahwa nilai rhitung untuk hubungan variabel pelaksanaan kombinasi metode demonstrasi dan drill dengan variabel kemampuan membaca Alquran siswa sebesar 0,441 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% = 0,232 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,302, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yaitu ada hubungan yang signifikan pelaksanaan kombinasi metode demonstrasi dan drill dengan kemampuan membaca Alquran siswa di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 08:54 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 08:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18055 |
Actions (login required)
View Item |