Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG SIKAP GURU BIDANG STUDI AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BAITUSSALAM KABUPATEN KAMPAR

MUSDALIFAH, 11211202714 (2017) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG SIKAP GURU BIDANG STUDI AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BAITUSSALAM KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang sikap guru bidang studi agama Islam dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitussalam Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang sikap guru bidang studi agama Islam dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitussalam Kabupaten Kampar? Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitussalam Kabupaten Kampar, sedangkan objek penelitiannya adalah persepsi siswa tentang sikap guru bidang studi agama Islam dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Baitussalam Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTS Baitussalam yang terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX yang berjumlah 44 orang. Oleh karena populasi kurang dari 100 maka lebih baik diambil semua sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Mengingat jumlah populasi ini kurang dari 100 atau 50 maka dari itu untuk memperoleh data diatas yang diperlukan dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel.Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang sikap guru bidang studi agama Islam dalam proses pembelajaran variabel bebas (X) dan motivasi belajar siswa variabel terikat (Y). Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik korelasi Koefisien Kontengensi. Dari hasil analisa statistik dengan menggunakan korelasi koefisien kontengensi diketahui persepsi siswa tentang sikap guru bidang studi agama Islam dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, dengan perolehan harga phi (0) sebesar 0,413 lebih besar dari “r” table pada taraf signifikan 5% = 0,304 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,393.Dengan cara lain dapat ditulis dengan 0,304<0,413>0,393. Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan Ho (hipotesa nihil) ditolak. Jadi ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang sikap guru bidang studi agama Islam dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswadi Madrasah Tsanawiyah Baitussalam Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:00
Last Modified: 20 Aug 2019 04:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17696

Actions (login required)

View Item View Item