ULFA KHOERUROH (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017615PMT.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017615PMT.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017615PMT.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017615PMT.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017615PMT.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017615PMT.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017615PMT.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017615PMT.pdf Download (615kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017615PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017615PMT.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017615PMT.pdf Download (463kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Instruction yang valid, praktis serta mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru sebagai subjek uji coba. Objek penelitian adalah LKS Berbasis Problem Based Instruction dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data diperoleh melalui proses validasi LKS oleh validator, proses praktikalitas LKS oleh siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar uji praktikalitas dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil uji validitas LKS Berbasis Problem Based Instruction termasuk kategori sangat valid dengan persentase 84,65% dan hasil uji praktikalitas LKS Berbasis Problem Based Instruction termasuk kategori sangat praktis dengan persentase 83,17%, serta berdasarkan hasil tes, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa termasuk kategori sedang dengan persentase 74,71%. Sehingga hasil tersebut mengidentifikasi LKS Berbasis Problem Based Instruction yang dikembangkan valid, praktis, dan dapat memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: LKS, Model Problem Based Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 08:32 |
Last Modified: | 19 Aug 2019 08:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17618 |
Actions (login required)
View Item |