Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PENGEMBANGAN METODE BMC (BERMAIN, MENYANYI DAN CERITA) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS AL’QUR’AN DI RA SE KECAMATAN BENGKONG KOTA BATAM

Nurrahmah (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN METODE BMC (BERMAIN, MENYANYI DAN CERITA) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS AL’QUR’AN DI RA SE KECAMATAN BENGKONG KOTA BATAM. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 2018117TMPI_COVER TESIS.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 2018117TMPI_PENGESAHAN.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 2018117TMPI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 2018117TMPI_DAFTAR ISI.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 2018117TMPI_ABSTRAK.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 2018117TMPI_BAB I.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 2018117TMPI_BAB II.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 2018117TMPI_BAB III.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
9. 2018117TMPI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. 2018117TMPI_BAB V.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 2018117TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Nurrahmah.NIM: 21691204804. Strategi Pengembangan Metode BMC (Bermain, Menyanyi dan Cerita) Dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Al’Qur’an di RA Se Kecamatan Bengkong Kota Batam. Perkembangan dunia pendidikan anak usia dini dewasa ini semakin membutuhkan strategi pengembangan yang tepat, tertutama dalam konsep dasar bermain sambil belajar pada proses pembelajaran. Demikian juga dalam hal pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an sangat diperlukan adanya penanganan yang serius baik dari segi ketepatan metode, pendekatan atau perencanaan yang tepat khususnya untuk pendidikan anak usia dini di RA, hal tersebut sangat berpengaruh pada hasil evaluasi proses pembelajaran. Karena program membaca dan menulis Al-Qur’an ini berupaya memberikan bekal dasar bagi anak usia dini guna menyiapkan generasi Qur’ani yang berkualitas dan berakhlaq mulia sehingga nantinya dapat dijadikan landasan untuk mendalami ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi pengembangan metode BMC dalam pembelajaran membaca dan menulis Al’Quran terhadap pencapaian pada anak usia dini di Raudhatul Athfal (RA) Se Kecamatan Bengkong. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar tiga Raudhatul Athfal (RA) se Kecamatan Bengkong yaitu RA Tarbiyyatul Hidayah, RA At-Taubah, RA Munjiyatul Ikhwan, mengumpulkan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkapkan. Untuk memeriksa keabstrakan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber, adapun urutan kegiatan penelitian meliputi: perencanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian observasi hasil belajar oleh guru yang melaksanakannya terlihat aspek keaktifan mengalami peningkatan aktivitas dan mutu hasil belajar peserta didik dengan adanya rasa senang dan rasa ingin tahu sehingga terjadi peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an, hal ini menunjukan pembelajaran membaca dan menulis dengan menggunakan metode BMC efektif digunakan pada pengembangan pembelajaran membaca Al-Qur’an khususnya di pendidikan anak usia dini yaitu Raudhatul Athfal. Kata Kunci : Strategi, Metode BMC, Membaca dan Menulis Al-Qur’an, Raudhatul Athfal

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 16 Aug 2019 08:37
Last Modified: 16 Aug 2019 08:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17475

Actions (login required)

View Item View Item