Nurrahmah (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN METODE BMC (BERMAIN, MENYANYI DAN CERITA) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS AL’QUR’AN DI RA SE KECAMATAN BENGKONG KOTA BATAM. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018117TMPI_COVER TESIS.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018117TMPI_PENGESAHAN.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018117TMPI_KATA PENGANTAR.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018117TMPI_DAFTAR ISI.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018117TMPI_ABSTRAK.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018117TMPI_BAB I.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018117TMPI_BAB II.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018117TMPI_BAB III.pdf Download (422kB) | Preview |
|
Text
9. 2018117TMPI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. 2018117TMPI_BAB V.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
11. 2018117TMPI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) | Preview |
Abstract
Nurrahmah.NIM: 21691204804. Strategi Pengembangan Metode BMC (Bermain, Menyanyi dan Cerita) Dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Al’Qur’an di RA Se Kecamatan Bengkong Kota Batam. Perkembangan dunia pendidikan anak usia dini dewasa ini semakin membutuhkan strategi pengembangan yang tepat, tertutama dalam konsep dasar bermain sambil belajar pada proses pembelajaran. Demikian juga dalam hal pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an sangat diperlukan adanya penanganan yang serius baik dari segi ketepatan metode, pendekatan atau perencanaan yang tepat khususnya untuk pendidikan anak usia dini di RA, hal tersebut sangat berpengaruh pada hasil evaluasi proses pembelajaran. Karena program membaca dan menulis Al-Qur’an ini berupaya memberikan bekal dasar bagi anak usia dini guna menyiapkan generasi Qur’ani yang berkualitas dan berakhlaq mulia sehingga nantinya dapat dijadikan landasan untuk mendalami ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi pengembangan metode BMC dalam pembelajaran membaca dan menulis Al’Quran terhadap pencapaian pada anak usia dini di Raudhatul Athfal (RA) Se Kecamatan Bengkong. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar tiga Raudhatul Athfal (RA) se Kecamatan Bengkong yaitu RA Tarbiyyatul Hidayah, RA At-Taubah, RA Munjiyatul Ikhwan, mengumpulkan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkapkan. Untuk memeriksa keabstrakan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber, adapun urutan kegiatan penelitian meliputi: perencanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian observasi hasil belajar oleh guru yang melaksanakannya terlihat aspek keaktifan mengalami peningkatan aktivitas dan mutu hasil belajar peserta didik dengan adanya rasa senang dan rasa ingin tahu sehingga terjadi peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an, hal ini menunjukan pembelajaran membaca dan menulis dengan menggunakan metode BMC efektif digunakan pada pengembangan pembelajaran membaca Al-Qur’an khususnya di pendidikan anak usia dini yaitu Raudhatul Athfal. Kata Kunci : Strategi, Metode BMC, Membaca dan Menulis Al-Qur’an, Raudhatul Athfal
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 08:37 |
Last Modified: | 16 Aug 2019 08:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17475 |
Actions (login required)
View Item |