MENTARI DIANA PRATIWI (2017) EFEKTIFITAS CLIENT CENTERED THERAPY DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017545KI.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017545KI.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017545KI.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017545KI.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017545KI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017545KI.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017545KI.pdf Download (655kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017545KI.pdf Download (611kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017545KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017545KI.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017545KI.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas client centered therapy dalam konseling kelompok untuk meningkatkan konsep diri siswa. Bentuk penelitian ini adalah eksperimental pola One group pre-test post-test design dengan struktur “O1 x O2”. Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 32 siswa dan objek penelitian ini efektifitas client centered therapy dalam konseling kelompok untuk meningkatkan konsep diri siswa di SMA Negeri 15 Pekanbaru. Sampel diambil sebanyak 5 orang siswa yang memiliki konsep diri sedang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti memberikan treatment atau perlakuan kepada 5 orang siswa di dalam konseling kelompok. Eksperimen ini dilakukan sebanyak 5 kali dengan menerapkan pendekatan client centered therapy. Setiap kali pertemuan membahas satu permasalahan yang terkait dengan siswa di dalam konseling kelompok. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik T-test. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara konsep diri siswa sebelum dan setelah diberi pendekatan client centered therapy dalam konseling kelompok dengan nilai T-test diperoleh 6.01 sedangkan ttabel = 2.78 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis tersebut diketahui bahwa 6.01 > 2.78 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara konsep diri siswa sebelum dan setelah diberikan pendekatan client centered therapy dalam konseling kelompok. Dengan persentase akhir sebesar 75.45 % artinya client centered therapy dalam konseling kelompok “efektif” untuk meningkatkan konsep diri siswa, karena berada pada rentang 61-80 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat dan masukan bagi subjek yang diteliti, lembaga, guru bimbingan konseling dan peneliti selanjutnya. Kata Kunci : Efektifitas, Client Cen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 07:35 |
Last Modified: | 16 Aug 2019 07:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17457 |
Actions (login required)
View Item |